Cara Mengatasi Hp Android Yang Lemot

Hei guys, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi hp android Anda yang sering lemot. Masalah lemot atau ngelag ini mungkin sudah tidak absurd bagi kita, alasannya yaitu saya yakin hampir semua pengguna android sudah pernah mengalaminya. Namun nyatanya masih ada orang yang belum mengerti bagaimana cara menangani dilema yang satu ini.
Menurut saya pribadi, yang menjadi penyebab lemot & ngelagnya hp android itu alasannya yaitu 3 hal saja yaitu RAM, Storage, & Bugs pada Software. Jika Anda sudah sanggup mengatasi 3 hal ini, saya yakin hp android Anda akan kembali lancar. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca penjelasannya dibawah ini.
RAM (Random Access Memory)
RAM yaitu sebuah memori sementara yang dipakai sebagai wadah untuk menjalankan aplikasi di hp android Anda. RAM mempunyai sebuah kapasitas yang sanggup penuh kapan saja. Jika sudah penuh niscaya hp android Anda akan mulai terasa lemot & ngelag. Berikut tips & trik untuk melegakan RAM pada hp android Anda.

Tutup aplikasi yang masih berjalan di background

ketika Anda telah final memakai aplikasi dan menutup aplikasi tersebut dari hp android anda, aplikasi tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya berhenti. alasannya yaitu masih ada proses yang berjalan di diam-diam (background) hp android Anda (service). yang gunanya semoga ketika aplikasi tadi dibuka kembali, aplikasi tersebut sanggup terbuka dengan cepat.

Kurangi widget & shortcut yang tidak diharapkan di homescreen

banyaknya widget & shortcut di homescreen juga akan memberatkan kinerja android anda. Silahkan gunakan shortcut & widget yang benar-benar Anda perlukan saja.
Storage
Storage yaitu sebuah kawasan untuk menyimpan data-data menyerupai file, aplikasi, musik, gambar, video, dan lain sebagainya. Storage ini terbagi menjadi 2 yaitu Internal Storage yang dimana sudah tertanam didalam android Anda & External Storage menyerupai Micro SD. Sama halnya menyerupai RAM, Storage juga punya kapasitas yang apabila penuh akan menjadikan lemot & ngelag pada android Anda. Berikut tips & trik untuk melegakan Storage hp android Anda.

Sebisa mungkin gunakan memori eksternal untuk menyimpan file file anda

sama menyerupai laptop data-data sistem operasi android juga disimpan di memori internal, yang mana dipakai juga oleh android untuk menciptakan file cachenya sendiri. proses menciptakan file cache akan menjadi lebih usang kalau ruang storage sudah mulai penuh.

Gunakan aplikasi alternatif

pastikan Anda selalu mengecek berapa size aplikasi yang sudah Anda install. Kalau cukup besar sehingga menghabiskan storage, saran saya carilah alternatif dari aplikasi tersebut, sanggup memakai aplikasi yg sifatnya All in One atau Lite Version.

Hapus aplikasi bawaan(bloatware) yang tidak digunakan

dengan menghapus aplikasi bawaan baik itu dari os android atau dari brand hp Anda, tentu akan menciptakan kapasitas storage semakin lega. Namun hanya hp android yang sudah di root saja yang sanggup menghapus aplikasi bawaan ini. Untuk itu silahkan root hp android Anda terlebih dahulu.
Related:Cara Kompres / Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Bersihkan cache

Jika sehabis mengikuti tips & trik diatas tetapi hp android Anda masih lemot, Anda sanggup melaksanakan cara yang satu ini yaitu Membersihkan Cache. cara ini sanggup Anda lakukan 2 ahad sekali atau sebulan sekali semoga lebih terlihat hasilnya.
– Hapus chat-chat lama, gambar, video, dan rekaman bunyi yang tidak digunakan.
Ini juga salah satu cara untuk menciptakan storage semakin lega. Jika Anda sering mendownload gambar, video, rekaman bunyi di whatsapp atau telegram. Anda niscaya akan menemukan file-file ini di Gallery hp android Anda.
Bugs Software
– Selalu update OS & aplikasi ke versi yang paling baru.
bugs yang terdapat pada OS atau aplikasi akan menciptakan kinerja hp android Anda menjadi kurang maksimal. Maka dari itu selalu cek & update OS ataupun aplikasi Anda, alasannya yaitu di updatean terbaru bugs-bugs di versi sebelumnya niscaya sudah diperbaiki sehingga meningkatkan kinerja serta performa pada aplikasi maupun OS tersebut.
Sekian artikel kali ini, hingga disini seharusnya Anda sudah mengerti bagaimana mengatasi hp android Anda kalau sedang lemot atau ngelag. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *